Emas

Jerman mulai berburu emas

FRANKFURT. Pertumbuhan pembelian emas oleh Jerman melonjak sangat cepat. Hal ini bisa menjadi sinyal bahwa mereka mencemaskan soal masa depan. Biasanya, investor mulai memburu emas saat mereka cemas terjadinya bencana ekonomi atau melonjaknya harga emaas. Berdasarkan laporan World Gold Council yang dirilis pada Kamis (14/5) permintaan total emas batangan dan koin di Jerman melonjak hingga(…)

Desain Kemasan Baru Emas Batangan Logam Mulia Antam

Setelah dilakukan peluncuran pada awal Juli 2013 bersamaan dengan ulang tahun ke-45 PT. Antam, Emas Logam Mulia Antam dengan kemasan baru sudah siap untuk di jual kepada konsumen. Sampai tulisan ini diterbitkan Nusantara Dinar belum mendapat Emas Antam kemasan baru tersebut. Namun tidak ada salahnya kita mengintip dulu ciri-ciri desain kemasan baru Emas Logam Mulia(…)

Ultah ke-45, Antam Luncurkan Logam Mulia dengan Kemasan Baru

Pada hari ini Antam meluncurkan kemasan baru LM pecahan 10, 25, 50, dan 100 gram, bertepatan dengan hari ulang tahun ke-45. Perubahan kemasan ini sangat signifikan dibandingkan dengan kemasan-kemasan sebelumnya. Kemasan baru ini mirip dengan kemasan emas batangan produksi luar negeri, seperti dari Pamp Suisse dan Perth Mint, yakni emas dibungkus kertas dan plastik sehingga(…)

Ubah Kemasan, Ini Dia Bentuk Baru Emas Batangan Logam Mulia Antam

Jakarta – Hari ini PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan kemasan dan sertifikat emas batangan Logam Mulia untuk pecahan 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Peluncuran kemasan dan sertifikat baru ini bertujuan agar emas batangan Logam Mulia lebih menarik dan tidak mudah dipalsukan. Emas kemasan baru mulai dijual Agustus 2013. “Intinya bahwa Antam(…)

Negara-negara Produsen Emas Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

10. Uzbekistan Foto: Reuters Produksi emas di Uzbekistan per tahunnya mencapai 90 ton/tahun. Sedangkan cadangan emas diprediksi mencapai 2.100 ton. Tambang emas Muruntau di Gurun Kyzylkum di pusat kota Uzbekistan adalah yang terbesar di dunia.   9. Indonesia Foto: Reuters Produksi emas di Indonesia per tahunnya rata-rata mencapai 100 ton/tahun. Namun kecendrungan produksi emas di(…)

Kelebihan Investasi Emas Fisik

  Investasi emas kini hadir dalam berbagai bentuk dan kemasan, namun Anda harus memastikan bahwa berinvestasi emas secara fisik (batangan/koin) lebih punya banyak keuntungan dibandingkan berinvestasi emas dalam bentuk lain. Berikut 6 alasan dan keuntungan yang layak Anda pertimbangkan untuk lebih memilih berinvestasi emas secara fisik: Melindungi Kekayaan (Wealth Preservation) Emas ‘melestarikan’ nilai kekayaan kita. Kenaikan(…)

Price of Gold a Flashy Fall

Harga emas mengalami penurunan pada kuartal pertama tahun 2013 ini. Beberapa analis berpendapat bahwa penurunan emas kali ini disebabkan inflasi global yang menurun, menunjukkan kondisi perekonomian yang semakin baik. Kondisi ini mendorong para investor lebih memilih menjual emas yang dimilikinya dan membeli dolar. Peristiwa ini bukan pertama kalinya, pada tahun 1980-an, ketika stagflasi ekonomi[1] yang terjadi(…)

urgensi sertifikasi untuk emas fisik yang kita miliki

Permintaan paling besar masyarakat terutama di kota besar terhadap emas fisik adalah dalam bentuk emas batangan yang terstandarisasi berat, kadar ditambah sertifikasi dari lembaga resmi. Di Indonesia yang paling populer adalah emas batangan dan Dinar produksi PT Antam. Tertera di sertifikatnya ‘stempel’ PT Antam, KAN (Komite Akreditasi Nasional) dan LBMA (London Bullion Market Association). KAN(…)

Emas Investasi Cerdas

Harganya terus naik dan naik…. Kilau emas selalu tampak menggiurkan. Tapi biasanya, kita hanya familiar dengan emas dalam bentuk perhiasan. Padahal, nilai emas akan lebih tinggi dalam bentuk logam mulia, tuh. Kalau selama ini kita hanya terpikir untuk mengalokasikan pendapatan kita untuk berinvestasi dalam bentuk properti dan reksadana, nggak ada salahnya mulai beralih ke logam(…)